Jelang Panen, Petani Melon di Jombang Dihadapkan Rasa Cemas

JOMBANG – Beberapa hari terkhir, hujan seringkali datang dengan intensitas deras, sejumlah petani melon waswas tanamannya terkena penyakit. Sebagai antisipasi, petani rutin mengecek tanaman di sawah.

Seperti yang dilakukan Sugi, petani asal Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandarkedungmulyo mengaku hampir setiap hari mengecek tanaman di sawah. ”Cuaca sekarang tidak menentu, makanya sekarang lebih sering mengecek tanaman,” ujar Sugi petani sekitar.

Ia menyebutkan, cuaca yang terkadang hujan deras dan panas ini membuat tanaman sangat rentan terhadap penyakit. ”Kalau tidak sering dicek takutnya itu kena jamur,” bebernya.

Terlebih lagi, umur tanaman melonnya sudah mendekati masa panen, sehingga dia harus sering-sering ke sawah untuk memantau perkembangan tanamannya. ”Ini kurang 35 hari lagi panen. Kalau sudah terkena jamur ini yang susah, harus segera disemprot obat,” tuturnya

Selain pertumbuhan tanaman terganggu, penyakit jamur juga berpengaruh ke kualitas buah. ”Alhamdullilah ini sudah mulai pulih lagi tanamannya. Karena kemarin awal menanam sempat terkena jamur,” katanya.

Dirinya mengatakan, kondisi seperti ini memang selalu dialami setiap masuk musim penghujan. ”Jadi lebih waspada saja agar nanti panennya bisa banyak dan tidak merugi,” pungkas Sugi , Dikutip dari Berita radarjombang( Sumber https://radarjombang.jawapos.com/)

Petani melon di Desa Pucangsimo, Kecamatan Perak, Jombang saat berada di sawah.(Foto: Elok Aprianto)Sumber: jatimnow.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.